Iran Desak Penghentian Aliran Senjata ke Suriah



Acehtraffic.com - Wakil Menteri Luar Negeri Republik Islam Iran urusan Arab dan Afrika Hossein Amir Abdollahian mengatakan, cara terbaik untuk mengakhiri kekerasan di Suriah adalah menghentikan aliran senjata kepada militan di negara Arab itu.

Hal itu disampaikan Amir Abdollahian dalam konferensi pers di Kairo, ibukota Mesir, pada Senin (1/4).

Amir Abdollahian juga menyerukan kepada negara-negara tetangga Suriah untuk mengontrol ketat perbatasan mereka sebagai upaya untuk menghentikan penyelundupan senjata ke negara Arab itu.

"Berbagai senjata dikirim ke Suriah melalui perbatasan di seluruh negeri dan banyak kelompok bersenjata tak dikenal juga telah memasuki negara itu dari perbatasan yang berbeda…," ujarnya.

Amir Abdollahian tiba di Kairo pada Sabtu dan telah mengadakan pembicaraan tentang situasi di Suriah dengan Utusan Khusus PBB dan Liga Arab untuk Suriah Lakhdar Brahimi, Sekretaris Jenderal Liga Arab Nabil al-Arabi dan Menteri Luar Negeri Mesir Mohamed Kamel Amr.

Ia mengatakan, Tehran dan Kairo "berbagi pandangan yang sama" terkait cara untuk mengakhiri kekerasan di Suriah.

"Kami setuju untuk menolak setiap intervensi asing di Suriah," tandasnya.

Lebih lanjut Amir Abdollahian memperingatkan bahwa kekuatan-kekuatan asing tengah berusaha menghancurkan Suriah dengan cara memicu krisis di negara Arab itu.

Wakil Menlu Iran urusan Arab dan Afrika juga membantah klaim tak berdasar bahwa Tehran intervensi dalam urusan negara-negara Arab. Ia menegaskan bahwa Republik Islam memiliki kepentingan bersama dengan negara-negara regional.
| AT | M | Irib |
Share this post :

Posting Komentar

 
>> Copyright © 2012. AchehPress - Informasi dan media - All Rights Reserved
Template Created by Author Published by Blogger
Powered by Google