'Jakarta Tak Sanggup Lagi Jadi Ibu Kota' Pindah Kemana?

Jakarta |acehtraffic.com- Kota Jakarta dinilai tak mampu lagi untuk menanggung beban sebagai ibu kota pemerintahan, politik, bisnis dan pariwisata sekaligus. Jakarta tenggelam itu bukan analisa mengada-ada," kata peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Siti Zuhro. begitu diberitakan Tempo, Minggu,20 Januari 2013.

Menurut Siti, Jakarta tak mampu lagi menanggung beban peran yang sangat kompleks sebagai pusat segala-galanya. Dia mencontohkan, abrasi dan intrusi air laut yang mulai mengkhawatirkan.Peristiwa jalan yang amblas akibat rob di Jakarta Utara itu jadi contoh nyata ancaman ekologis.

Untuk itu, dia menyambut baik wacana pemindahan ibukota pemerintahan dari Jakarta. “Meskipun sudah lama dibahas dan belum juga dilaksanakan,” kata Siti. Pemindahan ibukota, ujar Siti, bermanfaat untuk menciptakan pusat-pusat pertumbuhan baru di Indonesia. ,"Jangan sampai terfokus hanya di Jawa saja," Ujar Siti.

Wacana pemindahan ibukota harus dikaji secara serius oleh semua pihak. “Jika pusat pemerintahan dipindah, gula-gula baru di daerah bisa tercipta, sehingga kegiatan ekonomi tak terfokus di Pulau Jawa.

Siti setuju dengan pendapat yang pernah mewacanakan ibukota negara di Pulau Kalimantan.Daerah itu relatif tak rentan dari gempa bumi dan bencana alam lainnya,” kata dia. Masalah pemindahan ibukota, kata Siti, tergantung dari kemauan pemerintah untuk mewujudkannya. Karena semuanya harus bedol desa, mulai dari DPR hingga kementerian harus pindah ke kota baru itu
. | AT | R | TEMPO|
Share this post :

Posting Komentar

 
>> Copyright © 2012. AchehPress - Informasi dan media - All Rights Reserved
Template Created by Author Published by Blogger
Powered by Google