Ini Penyebab Penduduk Pindah Ke Kota Meningkat Menurut Menakertrans

Jakarrta | Acehtraffic.com- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimmin Iskandar menjelaskan kalau urbanisasi [Perpindahan penduduk dari desa ke Kota]  terjadi karena kurangnya perencanaan pemerintah daerah. Muhaimmin menjelaskan kalau pemerintah daerah harus pintar membuka alternatif pekerjaan.

"Orang jadi mencari kerja di mana pun yang penting ada penghasilan,"ujar Muhaimmin di TPS 01 Widya Chandra, Komplek Kementerian, Kamis 20 September 2012

Dalam penjelasannya, Muhaimmin mengatakan ada 2 sebab utama urbanisasi. Untuk yang pertama, Pemerintah menjanjikan apa saja yang bisa menjadikan penghasilan, baik di sektor informal dan sub sektor informal.

"Inilah yang menjadikan sangat mudah mendapat penghasilan tanpa persiapan, ini bahaya karena tidak mendapat jaminan dan akan menambah kerawanan,"jelas Muhaimmin.

Alasan kedua, Muhaimmin menjelaskan kalau di daerah, tidak ada perencanaan ketenagakerjaaan. Selain itu pemberian pendidikan yang biasa-biasa saja dan tidak didukung keterampilan ekonomi, serta pemerintah daerah tidak menyiapkan alternatif lapangan pekerjaan.

"Untuk itu kami akan memperbanyak alternatif pekerjaan di daerah, seperti kegiatan padat karya, pemasaran, mulai dari kemandirian ekonomi dan wirausaha, justru itu lebih menguntungkan ketimbang ke Jakarta tanpa skill," ungkap Muhaimmin.|AT | R | Tribun|
Share this post :

Posting Komentar

 
>> Copyright © 2012. AchehPress - Informasi dan media - All Rights Reserved
Template Created by Author Published by Blogger
Powered by Google